Thursday 8 March 2018

5 Senjata Yang Sering Dipakai Di Pencak Silat


Pencak silat adalah beladiri asli dari Indonesia, banyak sekali perguruan besar pencak silat yang lahir dinegara kita contohnya seperti Perisai Diri, Tapak Suci, PSHT, Pagar Nusa dan masih banyak lagi perguruan pencak silat besar lainnya.
Sekarang pencak silatpun mulai dipertandingkan seperti pertandingan fighter dan seni, seni pencak silat terdiri dari 3 kategori yang pertama adalah seni tunggal yang diperagakan satu orang, seni ganda yang diperagakan dua orang, dan seni regu yang terdiri dari tiga orang.
Pencak silat biasanya menggunakan berbagai senjata, yang digunakan untuk memperlengkapi diri dan memperpanjang jarak jangkauan serangan. Terus apa saja senjata yang sering digunakan untuk pencak silat yuk lihat ulasan berikut.

1. Golok


Senjata pertama adalah golok, golok ini bentuknya hampir sama dengan pisau tapi memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang dari pada pisau, senjata ini juga digunakan dalam pertandingan seni tunggal pencak silat.

2. Toya



Senjata yang kedua adalah toya/tongkat, toya ini terbuat dari rotan yang ukurannya sama dengan sipemakai toya tapi lebih panjang satu jengkal dari sipemakai toya, toya ini juga sama dengan golok yang biasanya digunakan dalam pertandingan seni tunggal pencak silat.

3. Kipas 


Yang ketiga adalah kipas, yap benar, kipas memang digunakan dalam latihan pencak silat, biasanya sipemakai menggunakan kipas disalah satu tangannya atau memakai dikedua tangannya.

4. Kerambit


Diurutan keempat adalah kerambit, kerambit ini senjata khas dari daerah minangkabau sumatra (barat), kerambit ini bentuknya seperti pisau tapi sedikit melengkung dan ujung pegangannya ada sebuah lubang yang fungsinya untuk menjaga supaya kerambit tidak terlepas dari pegangan.

5. Trisula


Yang terakhir adalah trisula, trisula ini juga digunakan dalam latihan pencak silat, sama seperti kipas trisula bisa digunakan disatu tangan ataupun dikedua tangan sipemakai.

Nah itu dia lima senjata yang sering digunakan dipencak silat, sebenarnya masih banyak lagi Senjata-senjata yang sering digunakan dipencak silat tunggu kalian bisa lihat disini.
Maaf jika ada kesalahan, mohon kritik dan sarannya, dan jangan lupa share supaya artikel ini semakin bermanfaat

Related Posts

5 Senjata Yang Sering Dipakai Di Pencak Silat
4/ 5
Oleh