Friday 9 March 2018

5 Senjata Yang Sering dipakai Di Pencak Silat V2


Hallo semua... Disini saya akan membahas lagi tentang lima senjata yang sering dipakai di pencak silat, pencak silat memang sering menggunakan senjata entah itu untuk sekedar latihan ataupun untuk tampil disebuah acara. Senjata pencak silat sangatlah banyak bahkan disetiap daerahpun memiliki senjata khas masing-masing, terus apa saja senjatanya yuk simak artikel di bawah ini. 

1. Keris


Yang pertama adalah keris, siapa yang tidak tau keris pasti dari kalian semua tau tentang keris, keris adalah senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara.

2. Kujang



Nomer dua ada kujang, kujang ini senjata unik yang berasal dari daerah jawa barat, Menurut Sanghyang siksakanda ng karesian pupuh XVII, kujang adalah senjata kaum petani dan memiliki akar pada budaya pertanian masyarakat Sunda.

3. Pedang


Diurutan ketiga adalah pedang, pedang adalah senjata tajam yang memiliki bilah yang panjang, pedang biasanya memilki satu ketajaman disatu sisi maupun dikedua sisinya. 

4. Clurit


Yang selanjutnya adalah clurit, clurit ini berasal dari kepulauan madura, senjata ini berbentuk seperti bulan sabit makanya banyak juga orang menyebutnya sabit.

5. Rencong


Dan terakhir ada rencong, rencong ini senjata yang berasal dari daerah aceh, Dalam acara adat Kesultanan Aceh, Rencong biasanya digunakan saat acara pernikahan, Meugang, Peusijuk, Tung Dara Baro (Mengunduh Mantu), dan dalam setiap acara penting lainnya.

Nah itu dia lima senjata yang sering dipakai dipencak silat,  sebelum artikel ini saya sudah membuat tentang artikel yang sama yuk intip dulu artikelnya klik disini, maaf jika ada kesalah, mohon kritik dan saran dari anda, dan jangan lupa share!.

Related Posts

5 Senjata Yang Sering dipakai Di Pencak Silat V2
4/ 5
Oleh